Artikel

Kamis, 16 Oktober 2014

Lika liku Mahasiswa Indonesia


sumber ; Mbah googel

"asik, besok gue mulai kuliah, temen baru, suasana baru, dan selingkuhan baru..."

Sering banget gue denger kalimat itu, apalagi pas masanya Maba (mahasiswa bangkot) baru masuk kuliah. Mereka belum tau kejamnya belantara kampus yang mereka masuki. Belum tau seperti apa temannya nanti, dosennya nanti bahkan mungkin ipk-nya nanti yang akan menghiasi KRS mereka. HWAAHAAKAKAHA.



Mumpung ada waktu kosong dari padatnya kegiatan positif gue dikampus, gue mau membagi pengelaman kepada kalian maba-maba yang sedang menikmati menjadi mahasiswa baru. Siapin kacang, sama kopi deh. Soalnya bakal lama gue ceritanya. Oke.... berikut tangga kehidupan mahasiswa dari jaman fir'aun maen yoyo sampe jaman ganteng-ganteng sariawan.

CEKIBROOT

1. Maba aka. Mahasiswa baru


Sekolah Dasar 6 tahun dilewati. SMP 3 tahun dijalani, dan SMA 3 tahun dilalui dengan semangat tinggi. Nah sekarang, saatnya masuk perguruan tinggi buat jadi mahasiswa pengabdi bangsa dan negara atau jadi tumpukan fosil kampus yang mungkin bakal diaweti sama pihak jurusan biar jadi pelajaran buat mahasiswa baru selanjutnya. #JYahahahaahahaa, huwalahumba


2. Gebetan Baru


Orientasi maba jaman sekarang ini bukan cari ilmu, tapi buat ajang cari gebetan baru. Apalagi yang perantau, mereka bakal kayak serigala kelaparan mencari mangsa buat dimakan. Iya. Bening dikit sikat, putih dikit diembat, yang penting bolong di bawa pulang kos. Buset emang.... Tapi saingan mereka bukan cuma maba tapi para 'maba' (mahasiswa bangkot) lainnya yang kuliah jaman Orde baru.

3. Gak Paham Teori
Ini banyak yang ngalamin. Di masa ini banyak yang bakal nyerah tersu pindah jurusan dan mungkin pindah kampus. Ini akibatnya gara-gara masuk jurusan cuma gara ikut-ikutan, biar keren, atau mungkin karena banyak dosen cakepnya. Pilih jurusan sesuai passion kalian biar nggak begini ceritanya. Kasian kan ortu lo orang pada, udah ngeluarin duit buat bayar SPP, bulanan, kosan bahkan pacaran tapi kalian nggak menjalani dengan ikhlas pas kuliahnya. Pikirin baik-baik kisanak.

4. Tugas Banyak


Untuk mereka yang berhasil survive, mereka bakal ngalamin ini. Tugas numpuk. Tiap pertemuan dikasih tugas, yang lebih parah lagi tiap ketemu Dia dikasih tugas. Kan biadab nih dosen. Kuliah itu....bukan untuk kita pinter apa nggak. Tapi dapet.... dosen yang waras apa nggak!. Nabung kok nabung tugas. Nabung itu nabung uang biar kaya. Lah kalo tugas yang ditabung dapet apa? semaput geh iya?!...

Untuk itu, pas masa KRS, hindari mengambil dosen yang gak waras. Bila perlu blacklist dari rancangan kalian. Kalo nggak, penyesalan diakhir yang akan didapat....

5. Bosen Kuliah

Terkadang bosen kuliah melanda mahasiswa di tingkat semeter 5 sampai 7. Tugas numpuk ditambah lagi urusan KKN dan teman-temannya segala. Apalagi kalo udah dapet uang dari hasil kerja sendiri. Bakal males ngelanjutin kuliah. Kalo nggak gara emak sama babe dikampung mungkin mahasiswa yang beginian bakal out dari kampus dan ngelanjutin kerja ataupun bisnisnya :D

6. Skripshit dan revishit


Skripsi, buat sebagian mahasiswa desperate merupakan teror yang bakal menghantui pikiran mereka hingga mereka nggak bisa ngelakuin hal lain dengan nyaman. Dari biasanya bisa jalan ke mal, pacaran , ngopi-ngopi, bakal dijalanin dengan nggak nyaman karena sedang memikul beban yang namanya skripsi.

Untuk itulah, kalo udah ngambil tugas akhir, buruan diselesain dah. Ambil kemungkianan terburuk kalo lo lama nyelesain tugas akhir ini kayak waktu main bakal terbagi, pacar menjauh, adik tingkat lo 6 tahun dibawah lu duluin lo wisuda. Sakit kan. SD aja lulus 6 tahun doang. Kalo kalian lulus kuliah lebih dari 6 tahun berarti otak kalian masih kalah sama otak anak SD huwalaaaaa.

Dan lagi biasanya mahasiswa tingkat akhir ini banyak kesibukan yang membuat mereka lama menyelesaikan thesis mereka seperti udah dapet kerja. Orientasi mereka bakal berubah yang tadinya pengen jadi sarjana biar dapet kerja, malah dapat kerja sebelum jadi sarjana. Mereka mulai nggak ngoyo lagi untuk ngejar titel. Karena apa yang dibutuhkan sudah mereka didaptkan. Kadang hidup tidak memberikan apa yang kita inginkan, tapi apa yang kita butuhkan.

7. Wisuda


Acara yang menurut gue sakral dan bersejarah bagi mereka yang merayakannya. Semua orang bakal senang orantua lo, pacar kalian, bahkan sampe mbak-mbak kantin bakal seneng dengan kelulusan kalian karena bakal nggak ada lagi yang ngutang. Dan mungkin ini adalah hadiah yang bisa kalian berikan kepada orang tua kalian yang sudah membiayai kalian dari TK sampe wisuda kalian. Perjuangan mereka terbayarkan dengan adanya toga dikepala kalian. :')

8. Pengangguran


No comment dah


Yah, akhir dari postingan gue. gue cuma mau berpesan aja.
Mahasiswa itu seharusnya jadi teladan dan panutan bagi pelajar di bawahnya (TK, SD, SMP, dan SMA/SMK). Tunjukan dan perlihatkan kepada mereka bahwa mahasiswa adalah sosok pemikir yang terampil, pekerja keras dan pantang menyerah....

Bukan mahasiswa yang kerjanya cuma petangtang-petengteng di kampus sambil up date status. Bukan pula mahasiswa yang hanya ingin dibilang gagah seolah ingin terlihat intelek padahal gegabah.

Mahasiswa bukan cuma sekedar gelar dan embel embel, bukan juga yang cuma merasa bangga dengan jaket almameter dan jeans belel. Tapi mahasiswa juga sepatutnya berkontribusi. Sekaligus sebagai pondasi yang kuat agar bangsa ini tetap tegar berdiri untuk Indonesia yang lebih baik....

Ojo dadi mahasiswa sing cengeng, melasi wong tuamu wes kesel-kesel ngetokke duit nggo nyanguni sampean....


cahyooooo.

2 komentar: