Artikel

Selasa, 23 Juli 2013

Anak Jaman 2000-an

“ Di, maen layangan yuk”
“ Dimana? Capek yo... Mending maen game ini. Game anggota FPI ngacak-ngacak tong sampah”
“ masa? Okedeh...”

Begitulah sepenggal percakapan antara Adi dan Cahyo. Dua bocah ingusan dan kurapan ini menjalani waktu senggangnya dengan bermain console game. Permainan anak sekarang udah terlalu modern kalo menurut pandangan gue. Bahkan anak jaman sekarang ini udah punya hp yang canggih macem apel, blekbery, dan bro-bro lainnya. Padahal dijaman gue nama-nama itu nama2 buah yang dijual pinggiran jalan.

Emang kita nggak bisa menghendaki era Globalisasi yang begitu pesat pada abad ini. Disamping itu permainan tradisional yang gue maenin dulu udah mulai terlupakan oleh anak2 bangsa saat ini. Mereka lebih memilih maen laptop, computer, playstation, dan sebagainya kayak percakapan diatas itu. Gue kadang kasihan sama bocah sekarang, meraka nggak bisa menikmati indahnya rebutan layangan, perang2an. Padahal moment itu yang bikin kita rindu dengan masa kecil. #Galau

Berhubung yang katanya sekarang lagi hari anak Indonesia. Gue mau nge-share sesuatu yang hilang dari kehidupan gue bocah dulu yang sekarang kayaknya udah “punah”. Iya.. gue pernah bocah. Muka gue dulu katanya mirip Afgan tapi sekarang muka gue kayak abis kena radiasi. Stop bahas muka gue... gue gak mau bikin ilfeel fans2 gue disana.

Yak ini lah selengkapnya.... CEKIDOT

1. Berebut Layangan

Dulu jaman gue sd, bocah yang maen layangan itu banyak bener. Kayak ada yang ngadain acara sunatan masal yang isinya bocah dan bapak2. Iya jaman itu gak orang tua, anak2 maen layangan semua. Tapi yang bapak2 maennya Sendaren. Ituloh layangan gede bener itu.... nggak gede bener juga tapi. Lapangan itu penuh dengan lautan bocah. Yak ini lebay abaikan.... Moment yang ditunggu apa coba? Betul layangan putus. Disitu bocah2 bakal berjuangan sekuat tenaga buat ngedapetin layang liar itu. Bahkan kadang sampe mempertaruhkan harga diri segala mereka. Bener-bener perjuangan. Begitu tu layangan dapet rasanya kaya nahan beol selama 3 minggu terus lo keluarin diminggu ke4. Plong dan legaaaah. Kenapa legah? Karena barusan kalian mempertaruhkan nyawa saat berubut layangan tersebut....


2. Sumput Bata/petak umpet bata

Permainan ini cukup meneyenangkan saat masanya. Cara maennya cukup simple... Kalian cuma disuruh nyusun batu bata keatas sebanyak 10 biji. Abis itu udah deh kalian buru-buru nyumput dimana aja yang menurut kalian aman. Dulu sih gue seneng nymuput di kandang kambing tetangga gue. Entah kenapa gue nggak merasa kebauan dan emang tempatnya cukup bagus buat spot  nyumput. Setelah gue nulis ini gue baru inget kenapa mulut gue baunya kaya kambing rusia.... ternyata alasannya itu. Oke kalian udah tau tentang ini semoga kalian nggak ilfeel  sama gue.

3. Tiang Dalem

Kode ini cuma bisa dimengerti sama anak2 laki. Iya kerjaannya dulu abis pulang sekolah, makan langsung maen bola. Nggak peduli badai yang penting mereka bisa maen bola aja. Maen jam 12 siang pun yang mataharinya udah diubun2 yang panasnya kaya neraka bocor terus lanjut tanpa ada keraguan sedikit item. Dulu waktu bocah punya kulit item itu keren. Tandanya kalian sering maen terus bukan anak mamah dan rumahan yang sedikit cengeng. Maen bola sampe lupa waktu, bahkan masalah ‘tiang dalem’ aja urusan bisa berantem dan ujung2nya musuhan. Iyaa. Ini masalah paling absurd kalo maen bola jaman dulu. Tapi serumit apapun masalah bocah bisa diselesain pake suit, kalo rame ya gambreng.

4. Kebakaran

Istilah ini mungkin udah tau semua buat anak2 jaman dulu. Istilah ini dipake pas maen sumputan yah yang lebih dikenal petak umpet. Ini mengandung arti yang mengerikan pada masanya. Masalahnya kalo kata ini keluar dari cocot bocah2 yang maen petak umpet bisa ngebuat mental si penjaga / yang jadi atau apalah namanya ditempat kalian itu jadi jatuh. Iyaaaa.... permainan bakal diulang lagi dan doi bakal ngejaga untuk kedua kalinya. Ada temen kecil gue dulu kena masalah begini. Dia jaga dari siang sampe sore. Sampe2 dia ngadu ke emaknya gara jadi terus. Iya sih kita waktu itu licik. Kita pas itu tukeran baju terus nunjukin baju sedikit ditempat kita nyumput. Gue maaf yaa teman......

Yah segitu dulu dah. Cuma segitu yang gue inget soalnya dulu gue kaya tentang permainan tradisional. Hal seru yang mungkin bisa kalian ceritakan ke anak2 cucu kalian dimasa yang akan datang.
Masa kecil memang menyenangakan, kita nggak mikirin mau ngapain aja besok. Yang ada diotak kita dulu Cuma makan, tidur, sama maen. Tapi apa kita mau jadi anak kecil terus? Itusih pilihan karena tua itu pasti tapi jadi dewasa itu pilihan. Terserah kalian pilih jalan yang mana. Kalo ada istilah tambahan dimohon di comment box yah....

SELAMAT HARI ANAK BUAT SELURUH ANAK INDONESIA


---SEE YOU NEXT POSTING---



Tidak ada komentar:

Posting Komentar