Artikel

Jumat, 31 Januari 2014

Acara-acara TV yang Nggak Mutu



Akhir-akhir ini gue kok sering males nonton tv ya? Entah karena gue emang males apa emang gue nggak punya tv. Tapi emang acara tv sekarang makin nggak layak tonton khususnya untuk anak-anak. Biasanya sih kalo lagi males nonton gitu gue malah browsing2 nggak jelas buka kaskus atau youtube yang bisa kita pilih sendiri apa yang mau gue nikmatin.

Nah kemarin tumbenan gue iseng2 nyetel tv buat cari berita apa yang lagi panas di Indonesia ini. Setelah gue pencet tu remot sampe ledes ternyata apa yang mau gue tonton nggak ada sam sekali. Acaranya sama dari channel satu ke satunya. Ada joget kejang2 lah, ada yang hipnotislah, sinetron naga terbang lah. Those shits make me so sick!!! Ya biar nggak kelamaan, mending gue rinci-in gimana acara tv yang nggak mutu:

1. Sinetron Basiii
Dulu pas gue sd itu demen banget nonton sinetron nemenin emak nonton. Tapi belakangan gue baru paham kalo sinetron itu sudah merusak otak kecil gua. Gara dari salah satu adegan di sinetron tersbut gue jadi nangis tiba2 pas sd, ngamuk tiba2, sampe kentut tiba2. Tapi ada adegan dimana si tokoh ngomong tanpa menggunakan bibir dan cuma senyum2 licik sampe matanya melotot mau keluar. Gue belajar kayak gitu nggak bisa2 sampe sekarang. Ada lagi acara sekarang yang mau kemana-mana pake naga. Berantem naik naga. Pulang pergi naik naga, mungkin eek juga bisa naik naga. Naga duel sama transformers abal. Mungkin besok ada naga naik orang ke sarang mereka.

Belom lagi sinetron kejar tayang. Acara ini yang paling demen ditayangin di SC*TV. Banyak temen gue gara acara FTV ini berubah sifatnya dan pola pikirnya. Ada yang dikit-dikit galau, marah gak jelas, bahkan ada yang sampe delusiin si tokoh. Pengen rasanya mereka gue tampar. Tampar dari kenyataan.


2. 'Latah'
Banyak acara yang beginian sekarang. Di channel ini lagi booming joget-joget ayan, nggak lama tv sebelanya ikut juga joget-joget ayan sambil salto segala. Besoknya lagi tv sebelahnya lagi dan seterusnya. Apa nggak disebut latah itu? Acara kok ikut-ikutan, nggak ada kreatifnya sama sekali mending yang diikutin acara bagus dan keren macem kick andy itu. Ini acara cabe-cabean sama terong-terongan aja diikutin. Gara acara itu adek gue jadi rusak. Denget lagu suling sakit reflek dia langsung joget. Oh My little sister... you're so pity..

Belom selesai acara joget ayan yang nggak jelas itu eh sekarang muncul acara hipnotis-hipnotisan. Entah apa untung nya acara hipnotisan. Yang ada geh buka aib orang dan dijadiin becandaan biar acara makin rame. Kalo mau naikin rating nggak gitu caranya sob. How ridiculous you are!!

3. Acara Musik Abal-abalan
Disebut abal karena acara itu isi kebohongan publik semua. Entah memang maunya produsernya atau kemauan dari artis itu sendiri untuk lipsync. Tapi apapun itu udah pasti itu ngebohongin publik namanya. Bibir doang cuap-cuap kaya ikan lele dikasi makan kakus tapi suara dari kaset. Gue mencoba ngebayangin gimana pas mereka lagi serius-seriusnya lipsync eh kasetnya jadi rusak. Misal SMASH tampil:

'kenapa hatiku cenat cenut... cenut cenut cenut ce.....nut'

'Iyhhhh, kenapa cenut-cenut terus sihhhyy' celoteh personel SMASH

kan makin ancur kalo ketahuan. Mendingan bikin acara dengan konsep kaya MTV. simple tapi nggak kampungan..Why a best tv program always dissolve???

4. Infotemen or Infotainment
Artis A dikabarkan selingkuh. Hampir tiap hari, acara infotainment membeberkan kisah-kisah masa lalu si A ini. Dicariin semua info mulai dari nama-nama mantannya, sampe ukuran CD mantannya. Infotainment itu juga menyebarkan foto-foto masa lalu si artis A ini pas masih jaman labil. Seolah-olah pemberitaan tersebut benar-benar memojokan si artis sehingga orang-orang yang melihatnya akan sangat membenci artis itu. Bahkan, wartawan infotainment itu bakal mewawancarai orang-orang yang mengaku kenal dengan artis yang digossipin itu. Mulai dari tetangga, RT, sampe tukang sedot wc yang biasa ngaduk-ngaduk jamban artis tersebut.

Sebulan kemudian si artis A putus atau bahkan cerai dari gebetannya gara kehasut berita gosip itu. Artis A mulai depresi akibat perceraian tersebut karena hasil buah cintanya ada 11. Sedih, karirnya ancur, di undang di acara realiti show jamuran. Jadi booming, Abis itu si infotainment berusaha meliput kembali kehidupan si A pasca perceraian. Dengan pembawaanya yang didramatisir membuat yang menonton merasa iba. Endingnya artis itu populer lagi gara infotainment.

Gue nggak ngerti konsep mereka apa tapi emang kebanyakan acara infotainment itu begitu semua. Si A dibuat ancur terus diangkat lagi sampe atas. Inget didalam kata infoTAInment ada kata EEK. Kalian tau eek kan, busuk, jijik, kotor dan bikin nggak napsu. Sama kaya infoTAInment, kotor, jijik, busuk dan yang jelek2 lainnya. 'EEK' aja bau busuk kalo dicium apalagi dilihat. Sama kaya infoTAInment. JIJIK.

5. Lawakan Basi
'wah palaknya kaya lampu taman, Terang benderang' Celoteh seorang pelawak.

pernah denger lawakan itu. Basi tau nggak. Niat ngelawak buat orang ketawa tapi make ejekan fisik. Eh tong, ngelawak itu make materi yang dan pemikiran yang cerdas. Bukan asal jeplak gitu lo ngelawak. Niat bikin orang ketawa malah ngelempar tepung ke orang. Ini lagi sering dilakukan ama pelawak sekarang. Mereka nggak mikir apa keluarganya yang nonton dirumah, seenak udelnya mereka ngelempar tepung ke muka orang, tapi nggak tau perasaan keluarganya dirumah kayak apa.

Itu bukan komedi sejati. Komedi sejati itu perlu kecerdasan untuk membuat materinya, dan perlu kecerdasan untuk menikmatinya juga.

6. Investigasi tapi nakutin
Acara ini biasanya setiap hari sabtu sama minggu sore nih. Nih acara nyeritain asal muasal dari segala macam jajanan atau perburuan dan lain semacamnya. Acara ini cuma gitu aja ngasih tau tentang bahaya tapi nggak ada tindak lanjut yang berarti dari semua pihak yang bersangkutan. Kasihan kan masyarakat jadi takut dengan pemberitaan tersebut. Jajanan dari formalin lah, dibuatnya pake kolorlah, tempatnya kotorlah. Apa aja yang bisa ngebuat takut masyarakat. Emang bagus sih agar kita jadi waspada tapi kalo nggak ada solusi yang tepat buat apa acara ini ditayangkan...


Kesimpulan dari opini gue tentang acara-acara nggak mutu di TV lokal ini adalah, semua acara itu bisa bertahan karena rating acara. Rating itu berdasarkan dari minat kita untuk menontonnya. Kalo kita masih nonton acara-acara yang menurut kita nggak mutu, artinya kita ngasih kontribusi ke rating acara-acara itu. Percuma juga kita protes-protes untuk memusnahkan acara-acara 'sampah' kalo kita masih doyan nonton acara-acara 'sampah' tersebut.

So, this is the end of the post. Maaf-maaf kalo dalam penyampaian gue ada pihak yang tersinggung. Sekali lagi gue tekankan bahwa yang gue sampein di sini adalah opini gue sebagai rakyat jelata yang nggak paham sistem yang dijalankan di stasiun TV nasional. Postingan ini gue bikin karena gue kangen sama acara-acara mendidik dan sesuai porsi usia penonton seperti di jaman dulu. Misal kuis-kuis buat anak sekolah, atau film-film kartun di hari minggu pagi sampai minggu siang. Sekarang udah jarang film kartun, digantiin sama acara band abal-abal yang liriknya nggak cocok buat adek-adek yang masih kecil dan naga terbang tarung lawan spiderman.
Kalo ada tambahan, coba di Comment Box YAW :D

3 komentar:

  1. betul betul betul ... nonton upin ipin aj ah ..

    BalasHapus
  2. pasang parabola & tampilkan tv islami aja, itu sebaik2 yg bisa dilakukan terhadap tv di rumah Anda :)

    BalasHapus
  3. hahaha malah ngakak saya bacanya gan , yang ada di postingan ini emang bener , tapi semoga acara tv sekarang lebih mendidik dan lebih kreatif lagi ..

    BalasHapus